Ukhuwah Islamiyah merupakan salah satu poin dalam panca jiwa Pondok Modern Darussalam Gontor. Panca Jiwa merupakan lima dasar yang merupakan landasan ideal bagi kehidupan pondok pesantren yaitu: keikhlasan untuk semata-mata hanya untuk ibadah kepada Allah dalam mengerjakan suatu pekerjaan; kesederhanaan yaitu sesuai dengan apa yang dibutuhkan, wajar, serta tidak berlebihan dalam segala hal; kemandirian dalam kelembagaan, sistem, kurikulum, hingga mandiri dalam perekonomian pondok; ukhuwah Islamiyah yang tulus antara penghuni pondok dari Kyai, guru-guru, dan para santri; serta kebebasan dalam menentukan masa depan bagi diri sendiri, bebas dari pengaruh penjajah dan pengaruh luar yang negatif.
Pondok Modern Darussalam Gontor senantiasa berjalan diatas lima dasar yang menjiwai kehidupan dalam pondok. Salah satu hal yang menjadi dasar yang menjiwai kehidupan pondok pesantren adalah ukhuwah Islamiyah. Pondok pesantren senantiasa mendidik para penghuninya dalam ukhuwah Islamiyah yang kuat karena ajaran agama Islam senantiasa menganjurkan umatnya agar selalu menjaga ukhuwah itu diantara mereka. Hal ini sesuai dengan salah satu ayat Alqur’an yang berbunyi:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَٱتَّقُوا ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (الحجرات: 10)
“Orang-orang beriman itu sesungguhnya adalah bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapatkan rahmat” (Al-Hujurat: 10)
Ayat ini memerintahkan agar ukhuwah antara sesama muslim harus dijaga dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan perintah untuk mendamaikan atau memperbaiki hubungan antara saudara sesama muslim apabila mereka sedang dalam perselisihan.
Maka Pondok Modern Darussalam Gontor senantiasa mendidik para santri dan guru-gurunya agar senantiasa mempraktekkan ukhuwah Islamiyah dalam pergaulan sehari-hari. Pendidikan ukhuwah Islamiyah ini bertujuan agar ketika para alumni Gontor sudah menjalani pengabdian di masyarakatnya, mereka dapat mengimplementasikan ukhuwah Islamiyah yang telah mereka lakukan di Gontor. Kemudian, kebiasaan baik ini akan ditularkan ke masyarakat sehingga terjalin ukhuwah Islamiyah yang baik diantara masyarakat tersebut.
Diantara pendidikan Ukhuwah Islamiyah di Gontor adalah adanya penerapan sistem disiplin wajib berbahasa Arab dan Inggris yang mana hal ini akan mendorong para santri agar bisa berkomunikasi dengan umat muslim di berbagai negara sehingga mereka akan saling kenal dan mengetahui sesama lain, hal ini pula akan menghindari pembiasaan mereka dalam berbahasa daerah sehingga mereka tidak akan terus-menerus bergaul dengan teman-teman yang itu-itu saja(notabene : yang satu daerah saja).
Ukhuwah Islamiyyah semakin diperkuat lagi dengan adanya perpindahan kamar setiap semester dan asrama setiap tahunnya memiliki andil yang besar dalam usaha penerapan ukhuwah islamiyyah ini, para santri akan mendapatkan teman yang bermacam-macam dari berbagai daerah setiap waktunya seiring pembelajaran mereka di pondok ini, begitu pula halnya dengan adanya kelompok-kelompok tertentu seperti: kelompok muhadloroh, kelompok pramuka, dll.. Dengan adanya ukhuwah Islamiyah yang baik, maka akan terjalin kebersamaan yang kuat antara guru dengan santri, santri dengan sesama santri, ataupun Kyai dengan guru dan santri. Dengan adanya kebersamaan yang kuat dalam ruang lingkup yang positif maka akan menimbulkan keberkahan dalam setiap pergerakan yang dilakukan.
Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Al-Ustadz KH. Hasan Abdullah Sahal pernah menyampaikan bahwasanya kemajuan yang dapat dicapai oleh pondok sekarang merupakan pengaruh dari ukhuwah Islamiyah yang baik dan kebersamaan yang kuat antar sesama penghuni pondok. Hal ini sebagaimana yang dikutip dalam perkataan beliau, “Pondok ini maju bukan karena kyainya, bukan karena yayasan, bukan karena keluarga pendiri, tetapi pondok ini maju karena barakahnya keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kejujuran, kebersamaan, serta pengorbanan”.
Oleh : Muhammad Akmal Najemi
Editor : Muhammad Taufiq Affandi, M. Sc.
Related Articles: