Dalam satu hari kita semua selalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas yang kita miliki; mulai dari kegiatan akademis hingga ke non akademis. Sebut saja belajar, membaca buku, berdiskusi, kerja kelompak, serta dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti berolahraga, bela diri, musik, kesenian, keterampilan, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi terkadang kita pernah berfikir bahwa kita mengalami kesulitan untuk fokus dalam suatu hal yang sedang kita lakukan, sehingga semua pekerjaan itu tak selesai atau masih banyak kekurangan. Maka, apa yang bisa kita lakukan agar dapat meningkatkan fokus dalam pekerjaan kita? Berikut beberapa tips nya.
- Mengetahui apa penyebab tidak dapat fokus
Sebelum memulai pekerjaan kita, alangkah baiknya kita mencari tahu hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kita sulit untuk fokus dalam pekerjaan. Dalam kasus yang umum terjadi; ketika kita harus memulai pekerjaan dengan menggunakan gawai (android gadget) kita, fokus kita teralihkan kepada hal-hal lain yang tidak begitu penting sehingga menghambat kinerja kita dalam memulai pekerjaan. Misalnya saja seperti membuka aplikasi youtube untuk menonton video, melihat kabar terbaru di twitter, sibuk membalas pesan di whatsapp, ataupun aplikasi lainnya. Kelalaian ini bahkan tidak jarang membuat waktu kita habis untuk hal-hal yang tidak produktif.
Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan membagi waktu kita untuk hal-hal tersebut atau menerapkan peraturan disiplin mandiri; seperti boleh bersantai-santai asal sudah menyelesaikan tugas dan pekerjaan, mentolerir untuk sedikit mengalihkan diri dari pekerjaan namun dengan batas waktu yang ditentukan, komitmen dengan target pribadi yang dibuat setiap harinya, ataupun beberapa siasat lainnya.
- Mencoba menyendiri
Salah satu cara lain untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus kita dalam bekerja adalah dengan menyendiri. Hal ini bertujuan untuk menghindari dan menjauhi gangguan yang ada di sekitar kita. Kita dapat mengerjakan tugas di tempat yang tidak bising dan kondusif bagi kita untuk mengerjakan pekerjaan kita; seperti di kamar, perpustakaan, taman lingkungan sekitar, ataupun di kafe. Kita juga dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat kita merasa lebih nyaman seperti mendengarkan musik, meneguk segelas kopi, ataupun mengonsumsi makanan ringan.
Alasan lain kenapa kita perlu menyendiri adalah karena dengan menyendiri kita dapat memetakan program kerja yang akan kita tunaikan, sehingga semua pekerjaan yang kita miliki bisa menjadi lebih teratur. Dengan menyendiri kita juga dapat mengoreksi kekurangan diri kita selama satu hari ini dan mencari solusi untuk keesokan harinya agar tidak terulang kembali.
- Mulailah fokus pada suatu pekerjaan
Terkadang, kegagalan dalam dalam konsentrasi dan fokus dapat disebabkan dari multitasking. Meskipun terlihat efektif karena dapat menghemat waktu serta dapat mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan, namun multitasking dapat memecah fokus kita sehingga membuat pekerjaan yang kita programkan menjadi berantakan.
Menurut penilitian dari Stanford University California, orang yang sering mengerjakan lebih dari 2 pekerjaan dalam satu waktu alias multitasking dinilai kurang menguntungkan. Hal ini dikarenakan ia lebih cenderung mudah dialihkan oleh pekerjaan lain sehingga membutuhkan waktu lebih dalam menyelesaikan pekerjaan pertama.
Jika kita mendapatkan banyak pekerjaan di saat yang bersamaan, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan yang lebih diprioritaskan terlebih dahulu. Pekerjaan yang diakhirkan mungkin akan menuntut kita untuk meluangkan waktu pada hari-hari berikutnya, namun dengan memisahkan dua pekerjaan tersebut dapat membantu kita meningkatkan fokus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
- Mendekatkan barang yang diperlukan
Cara selanjutnya untuk meningkatkan fokus baik dalam belajar atau bekerja adalah dengan meletakkan barang-barang yang kita perlukan di sekitar kita dan menjauhkan barang-barang yang sekiranya akan mengganggu fokus kita. Hal ini bertujuan agar kita tidak perlu lagi beranjak dari meja dan sibuk mencari barang yang dibutuhkan di tengah mengerjakan tugas. Selain itu, yang demikian juga akan membantu mengingatkan kita terhadap tugas-tugas yang ingin segera kita selesaikan ketika kita sedang senggang.
- Menenangkan pikiran
Kita dapat menenangkan pikiran dengan beragam cara, salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Quran. Dengan membaca Al-Quran, hati dan pikiran kita dapat menjadi lebih tenang dan konsentrasi kita pun meningkat. Selain membaca Al-Quran kita dapat membaca dzikir dan doa untuk mendekatkan diri kita kepada Allah dan memohon kemudahan kepada Sang Maha Kuasa. Dengan demikian, semua pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih ringan dan mudah.
Dalam kitab Minhajul Abidin ila jannati Rabbil Alamin, Imam Ghazali menyebutkan sebuah doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW agar dimudahkan dalam menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang membahayakan. Doa tersebut diambil dari Al-Quran surat Al-Mu’minun ayat 97-98:
وَقُلْ رَّبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَّحْضُرُوْنِ
Waqur rabbi a‘ûdzubika min hamazâtis syayâtîn wa a‘ûdzubika rabbi ay yahdlurûn
Artinya: “(Wahai Muhammad, Berdoalah): Wahai tuhanku aku berlindung kepadamu dari gangguan setan. Aku juga berlindung kepadamu dari kepungan mereka.”
Ayat tersebut dapat diamalkan sebagai doa ketika membutuhkan daya fokus dan konsentrasi yang optimal. Bila kita merasa fokus kita berkurang, kita bisa mengatasinya dengan membaca doa tersebut. Harapannya adalah pikiran kita bisa menjadi positif, serta fokus dan konsentrasi akan kembali meningkat.dinulcahya