Gontor Putri Kampus 1– Segala sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasakan adalah pendidikan. Didalam pendidikan itulah terjalin jiwa yang kuat yang sangat menentukan filsafat para santriwati. Untuk mewujudkan itu semua, dibutuhkan pula pendidik atau guru yang berpotensi tinggi dalam berbagai bidang, termasuk pada bidang mengajar.
Guru merupakan ujung tombak pendidikan sebab secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan peserta didik. Sebagai ujung tombak, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dasar yang diperlukan sebagai pendidik, pembimbing dan pengajar. Kemampuan tersebut tercermin pada kompetensi guru. Dalam meraih mutu pendidikan yang baik, sangat dipengaruhi oleh kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, sehingga menjadi tuntutan penting untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Maka dari itu guna meningkatkan kualitas guru, Gontor mengadakan pelatihan guru dalam mengajar materi di kelas.
Kegiatan pelatihan bagi guru merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru. sehingga diharapkan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Dengan kata lain, mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas kinerjanya.
Dalam rangka peningkatan potensi para guru dalam mengajar, staf KMI (Kulliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah) mengadakan pelatihan guru. Maka KMI menetukan materi-materi yang berbasis sulit dipahami dan diajarkan. Agar para guru dapat meningkatkan kualitas mengajar dan pemahaman terhadap materi tersebut.
Pelatihan ini diadakan di hari yang telah ditentukan oleh staf KMI, pembicara atau pembahas pelatihan ini ialah para guru senior atau asatidz. Dan diikuti oleh para guru KMI yang mengajarkan materi yang telah ditentukan. Adapun materi yang telah ditentukan dan pembicaranya ialah;
NO | Pelajaran | Mu’ahhil | |
1 | Tarikh Adab | Al-Ustadz | H. Ismail, BA |
2 | Reading | Al-Ustadz | Ari Rahmat,MA |
3 | Tafsir | Al-Ustadz | H. Asif Trisnani, Lc, M.A |
4 | Shorof | Al-Ustadz | Dr. KH. Fairuz Subakir, M.A. |
5 | Tauhid | Al-Ustadz | Muhammad Zainul Arifin, S,Ag. |
6 | Dinul Islam | Al-Ustadz | Laukhan Akhda Sarjana, S.Th.I |
7 | Khot | Al-Ustadz | Muhammad Nur, Lc, M.A |
8 | Fiqh | Al-Ustadz | KH. Ahmad Suharto, M.Pd.I |
9 | Matematika 5 | Al-Ustadz | Suyanto, M.A. |
10 | Mahfudzot | Al-Ustadz | Hifni Nasif, M.Ud |
11 | Tamrin Lughoh | Al-Ustadz | Dr. KH. Fairuz Subakir, M.A. |
12 | Mustholahul Hadist | Al-Ustadz | KH. Ahmad Suharto, M.Pd.I |
13 | Matematika 3 | Al-Ustadz | Achmad Fajarudin, S.H.I, MA |
14 | Adyan | Al-Ustadz | Laukhan Akhda Sarjana, S.Th.I |
15 | Tarbiyah | Al-Ustadz | H. Ismail, BA |
16 | Ushul Fiqh | Al-Ustadz | H. Wahyudi Bakri, LLM, MA |
17 | Tarikh Islam | Al-Ustadz | KH. Umar Said, MA |
Begitulah salah satu kegiatan di Pondok Modern Darussalam, dengan harapan guru dapat meningkatkan kualitas mengajar dan pemahaman terhadap materi tersebut. Ghariza