Date:

Share:

Rihlah Tarbawiyyah Iqtishadiyyah; Sarana Siapkan Alumni Mandiri dan Serbabisa

Related Articles

Mantingan – Siswi Akhir KMI Credible Generation 6 2023 mengadakan Rihlah Tarbawiyyah Iqtishadiyyah pada hari Ahad sampai Kamis (12-16/3/23) silam. Rihlah Tarbawiyyah Iqtishadiyyah merupakan kegiatan pembekalan kewirausahaan dan pendidikan yang diperuntukkan bagi siswi akhir KMI. Hal ini merupakan bukti andil PMDG dalam membangun skill dan mental generasi muda Indonesia.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan di Aula Auditorium pada Ahad, (12/3/23). Hadir dalam pembukaan Rihlah Tarbawiyyah Iqtishadiyyah, Bapak Wakil Pengasuh Gontor Putri Kampus 1, Al-Ustadz Mujib Abdurrahman, Lc. M.Ag., Al-Ustadz H. Arif Irfanuddin, Lc., asatidz dan ustadzah pembimbing, serta seluruh santriyah kelas 6 2023.

Bapak Wakil Pengasuh memberikan taujihat kepada seluruh siswi akhir KMI.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Al-Ustadz Mujib, beliau menekankan mengenai niat serta maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini. “Yang paling penting adalah persiapan mentalnya, niatnya. Niatnya bukan rihlah tanfidiyah, tetapi rihlah tarbawiyah iqtishadiyyah,” ungkap Al-Ustadz Mujib. “Jangan kehidupannya sangat sempit. Mengandalkan keturunan, orang tua dan warisan. Ini mental-mental yang ingin dikikis habis oleh bapak-bapak Kiai pendiri pondok,” pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan disambung dengan Rihlah Unit Usaha dari Annisa Beverage pada malam harinya dan Annisa Bakery keesokan harinya. Di mana, ustadzah staf Annisa Beverage dan Bakery mempraktikkan pembuatan beberapa menu dan segenap perwakilan santriyah turut mempraktikkannya. Adapun menu yang dipraktikkan pada sesi beverage di antaranya puding puyo dan cheese milk dan pada sesi bakery di antaranya klapetart.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan dan pemberangkatan seluruh santiyah pada hari Selasa (14/3/23) dini hari menuju destinasi masing-masing. Kemudian, seluruh santriyah kembali ke pondok pada hari Kamis (16/3/23) malam. Dalam rihlah ini, seluruh santriyah dibimbing oleh dua sampai tiga asatidz serta empat sampai enam ustadzah pembimbing tiap daerah.

Santriyah menuju Cooking Class di Kampung Coklat, Blitar.
Perfotoan bersama Al-Ustadz Muhammad Dzaky Zamani, B.A.
Praktik Pembuatan Batik Modern di Alfa Shoofa Batik, Kudus.

 

Adapun objek dalam rihlah ini merupakan tokoh, lembaga atau usaha yang bergerak di bidang pendidikan dan bisnis UMKM yang mana umumnya merupakan alumni atau milik alumni PMDG. Tujuannya tidak lain guna membina kebersamaan dan terjalinnya komunikasi antar siswi, alumni dan para simpatisan PMDG melalui kunjungan-kunjungan yang diadakan. Berikut daerah serta objek dalam kegiatan ini:

No

Daerah

Objek

1

Malang

Masjid Cheng Ho, Kaboki (Kerajinan Tas Rajut), Wisata Petik Madu Lawang, Sayur Shop, Warung Ratu Rawit, Temu Tokoh Wanita (Al-Ustadzah Rima (Desainer)), Bil Jaroz Travel (Ustadz Boby Setiawan), Kayavit (Kripik Buah dan Sayur), Warunk Ratu Rawit, Bonekamu Malang, Silaturrahim dengan keluarga Al Azhar, Duta Catering, Jatim Park 1.

2

Gresik-Lamongan

Rumah Makan Apung G-PARK, Griya Snak Barokah Cerme, Konveksi Hijab Pasmira, Temu Tokoh Wanita (Al-Ustadzah Heny, Manajemen Masjid Moedhar Arifin), Harfin Mart and Court, Jenang ROCHIS, Digital Marketing bersama Al-Ustadz Khoirul Anam, Wisata Bahari Lamongan (WBL).

3

Blitar

Budidaya Jamur dan Olahan Makanan Kering, Pabrik Kacang Shanghai Gangsar, Golden Banana, Pondok Darul Hikmah, Pertemuan bersama IKPM Tulungagung, Konveksi Boyolangu, Soto Sawah, Kampung Coklat, Pondok Al Mawaddah 2, Temu Tokoh Wanita, Olahan Kecap dan Budidaya Ikan Koi, Olahan Tempe, Blitar Park.

4

Kudus-Jepara

Batik & Bordir Alfa Shofa, PT Mubarok Food, Wisata Museum Jenang, PP. AL-Furqon Tulis, Temu Tokoh (Ibu Ummi Asiyati), El-Lisa Hijab, Mustika Rias, Ramah Tamah bersama IKPM Jepara, Uleni, Saloka Park.

5

Semarang

Grand Maerokoco Semarang, Sharing Bisnis Bersama UMKM Semarang di Anjungan Kota Semarang, Dara Beauty Care, Manda Food (Aneka Olahan Bandeng), Almeera Hijab. (Bisnis dan Marketing Online), Wisata Grand Maerokoco, Ponpes Edi Mancoro, Temu Tokoh Wanita (Al-Ustadzah Rosyidah, Lc.), Kampoeng Banyumili (Sharing Bisnis Management Banyumili), PT Victoria Care Indonesia (Omah Herborist), Wisata Lawang Sewu.

6

Yogyakarta

Silaturahim dengan Pengasuh Pondok Baitussalam Putri, Karpet Madinah, Hotel Sunarko dan Pastaqu, Malioboro, Bendino Duren dan Bolu Tiwul, Rumah Warna, Egg Roll Shasa, Omah Oblong, HEHA Sky View.

7

Magelang

Pusat Tanaman Buah “Berkah Tani Manunggal”, Pengolahan Bandeng Presto, Aqila Course, Pondok Tidar, Rumah Makan Lestari, Kerajinan Tanduk “Berkah”, Kerajinan Boneka, Temu Tokoh Wanita (Al-Ustadzah dr. Kurniyati Soeharto, So.A), Batik Gemawang, Saloka Theme Park, RM Cikal Gading.

 

Setiap sebelum memulai kunjungan ke objek yang akan dituju, seluruh santriyah terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh ustadz/ah pembimbing. Mereka juga diwajibkan untuk membuat resume mengenai objek yang telah dikunjungi. Selanjutnya, setiap malam diadakan evaluasi kunjungan oleh ustadzah pembimbing.

Pengarahan musyrif sebelum menuju objek.
Perfotoan berasama pemilik Kaboki.

Alhamdulillah, seluruh santriyah sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Selain menjadi pengalaman baru, kegiatan ini juga menjadi sarana memupuk calon alumni yang mandiri dan sitti-l-kull (serbabisa). Kegitan ini juga dimaksudkan dapat membentuk mentalitas siswi akhir KMI dalam menuju kesiapan dan kematangan diri sebelum kembali ke masyarakat.

Berita: Aya

Editor: Ghariza

Foto: Hurin, Fatih, Nisa

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular Articles