Date:

Share:

Peringatan Persemar 1967 di Gontor Kampus 12 Jambi Berlangsung Khidmat

Related Articles

JAMBI – Pada hari Senin (26/3) lalu, Peringatan Peristiwa Sembilan Belas Maret (Persemar) 1967 di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 12 Jambi berlangsung dengan sangat khidmat. Kali ini, Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal berkesempatan untuk menyampaikan pidato tentang peristiwa tersebut, dan memberikan pesan dan nasehat di hadapan seluruh guru-guru dan santri-santri PMDG Kampus 12, Jambi. Kedatangan beliau kali ini juga didampingi oleh salah satu guru senior dari PMDG Kampus Pusat, yaitu Al-Ustadz Mahbub Al-Aziz beserta ibu.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.45 WIB ini berlangsung di halaman depan masjid milik PMDG Kampus 12. Perkumpulan yang kiranya dihadiri kurang lebih sebanyak tiga ratusan guru dan santri ini berlangsung dengan tenang, serius, dan penuh perhatian. Kiai Hasan selaku pembicara utama dalam acara Persemar kali ini sangat bersemangat sekali dalam menuturkan beberapa kisah yang terjadi saat itu ataupun dalam hal memberikan contoh logis agar terjauh dari sikap yang sangat memalukan kala itu.

“Seharusnya dalam keseharian kita melangsungkan hidup di Pondok, patutlah memiliki urutan unsur-unsur seperti berikut; dari memulai nya dengan amanah, kemudian menjadi tsiqoh (terpercaya), setelah nya jadilah tho’ah (ta’at), berikutnya adalah ikrom, maka terwujud pada akhirnya barakah,” ungkap beliau di sela-sela pidatonya.

PMDG 12 5Di tengah-tengah acara tersebut pun, bersama para guru dan santri yang hadir, pada sesi hiburan Kiai Hasan mencotohkan bagaimana cara memainkan alat musik keyboard dengan baik, lagu yang dinyanyikan adalah lagu Oh Pondokku dan lagu Selamat Datang yang merupakan hasil karangan beliau sendiri. Terlihat dari raut wajah anak-anak pun sangat senang dan penuh bangga, melihat sosok Kiai mereka yang fenomenal itu juga mahir dalam memainkan berbagai alat musik, sangat membesarkan hati para guru dan santri yang hadir pada acara tersebut.

Usai mengakhiri acara tersebut dengan memimpin do’a, Kiai Hasan beserta rombongan pun kembali ke tempat istirahat yang sudah disediakan untuk melaksanakan shalat zhuhur dan menyempatkan diri setelahnya untuk bertemu dengan seluruh guru-guru yang sedang mengabdi di Pondok tersebut, guna memberikan sedikit wejangan tambahan perihal pentingnya memberikan usaha terbaik dan do’a demi kemajuan Pondok di Jambi.

Pada saat sore hari setelah Ashar tepat, ditemani oleh Bapak Wakil Pengasuh PMDG Kampus 12 dan beberapa guru senior lainnya, Kiai Hasan dan rombongan berangkat menuju kebun sawit, guna meninjau lahan sawit baru milik Pondok yang kira-kira luasnya sekitar 390 ha, sebelum akhirnya kembali pulang menuju hotel tempat beliau dan rombongan menginap. biibmufassir

Popular Articles