Date:

Share:

Prodi PMH UNIDA Gontor Putri Matangkan Teori dengan PPL di Kabupaten Kediri

Related Articles

c3
Suasana kegiatan evaluasi di ruang sidang bersama Dosen Pamong, Bapak Roihan, S.H.

Proses belajar memang tidak cukup jika hanya sebatas pemahaman teori tanpa diimbangi dengan praktek. Untuk itu, Universitas Darussalam Gontor mengadakan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) bagi para mahasiswi semester 7 Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) Fakultas Syari’ah Kampus Mantingan. Kegiatan ini berlangsung mulai hari Jum’at (1/10/16) hingga Jum’at (07/10/16) lalu, di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur, Indonesia.

Para mahasiswi yang berjumlah 18 peserta ini mengikuti pembelajaran secara intensif selama seminggu. Mereka terbagi kedalam 3 (tiga) sektor pengadilan; kesekretariatan, kepaniteraan, dan persidangan serta mengikuti pembelajaran secara rolling atau bergiliran. Setiap sektornya terdiri dari 6 mahasiswi yang akan membidangi setiap sistem secara individu. Dengan pengawasan langsung dari para pegawai pengadilan, mereka dilatih untuk memahami sistem kerja peradilan dan mempraktikkan teori yang telah mereka pelajari di bangku kuliah.

Tidak hanya mengandalkan pemahaman teoritis, mahasiswi juga dituntut untuk mampu menerapkan sistem pelayanan masyarakat serta memahami bagaimana pembuatan putusan oleh hakim. Sehingga sebelum rutinitas kegiatan praktek dimulai, Bapak Imron, S.H. selaku Hakim Pengadilan Agama sekaligus Dosen Pamong kegiatan PPL selalu menyampaikan evaluasi serta tanya jawab interaktif tentang materi pembelajaran yang telah dilakukan para mahasiswi dihari sebelumnya.

c1
Dekan Fakultas Syari’ah (kanan), Al-Ustadz H. Imam Kamaludin, Lc. M.Hum. menyerahkan cinderamata kepada Ketua Pengadilan Agama Kab. Kediri (kiri), Bapak Drs. Jeje Jaenudin, M.S.I.

Sebelum penutupan PPL, para mahasiswi diharuskan untuk melakukan praktek peradilan semu di ruang sidang. Penutupan kegiatan berlangsung di aula Pengadilan Agama yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kediri, Dekan Fakultas Syari’ah UNIDA Gontor, juga dari beberapa jajaran akademisi dan praktisi.

“Meski dengan waktu yang sangat singkat, Alhamdulillah para mahasiswi menjalani kegiatan ini dengan penuh kesemangatan, sehingga seluruhnya aktif bertanya saat sesi tanya jawab dan evaluasi setiap pagi. Dan semoga dengan waktu belajar yang singkat ini, apa yang kalian dapatkan bisa bermanfaat di masyarakat nanti”, kata Bapak Imron, S.H. selaku Dosen Pamong saat penutupan kegiatan PPL di aula pengadilan. –Kholifah

Popular Articles