Date:

Share:

Musyawarah Kerja Gugus Depan 15089

Related Articles

 

DARUSSALAM –Sebagai salah satu agenda tahunan dari kalender kegiatan pramuka di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Kamis (20/2) lalu kembali diadakan Musyawarah Kerja Gugus Depan (Mugus). Acara tersebut bertujuan untuk memusyawarahkan program kerja para pembina pramuka Gugus Depan (Gudep) 15089 di tahun depan yang terbagi ke dalam 5 program kerja; yaitu disiplin, administrasi, kegiatan, inventaris, serta lain-lain. Dan sesuai dengan tujuan itu, para peserta yang hadir di acara tersebut adalah seluruh adika ambalan dari kelas tiga intensif dan kelas empat Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang akan menjadi pembina pramuka pada tahun yang akan datang.

Acara tersebut dimulai pada Kamis (20/2) siang yang dibuka dengan Tilawah Al-Qur’an, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Satya Dharma Pramuka, sedikit pengarahan dari staf Majelis Pembimbing Koordinator Harian (MABIKORI), kemudian dilanjut dengan sidang pleno. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Pertemuan Gedung Rabithah. Adapun sidang komisi diadakan pada hari Jum’at (21/2) pagi, dan diakhiri dengan sidang paripurna pada siang harinya. Pelaksanaan sidang komisi bertempat di gedung Rabithah yang terbagi ke dalam 12 ruangan kelas, yaitu ruangan 111 sampai 116 di lantai 1 dan ruangan 211 sampai dengan 216 di lantai dua. Pembagian peserta pada setiap ruangan tersebut sesuai dengan Gudep masing-masing. Kemudian ketika sidang paripurna, seluruh peserta kembali berkumpul di Aula Pertemuan Gedung Rabithah.

Panitia pelaksanaan acara Mugus ini ditunjuk pada hari Sabtu (8/2) yang lalu oleh Al-Ustadz Afwan Rifqi Muhammad, selaku salah satu staf Pengasuhan Santri yang juga menjadi penanggung jawab dalam acara ini. Adapun penanggung jawab dari staf MABIKORI adalah Al-Ustadz Fathur Rizqi. Jumlah panitia yang ditunjuk adalah sebanyak 88 siswa.

Dalam persiapannya menyelenggarakan acara, panitia menghadapi beberapa kendala. Diantaranya adalah personalia panitia yang tidak semuanya mampu terlibat untuk mempersiapkan acara, sehingga ada beberapa segi yang kurang maksimal. “Tidak semua yang tertulis sebagai panitia ikut sibuk di kepanitiaan, karena berbagai kesibukan lainnya. Sebagian dari mereka ada juga yang ikut mempersiapkan acara ketika sudah mendekati hari pelaksanaan,” ujar Krisna Achmad Pasya, siswa KMI kelas 3 intensif F selaku salah satu ketua panitia. Kendati demikian, acara tetap berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.

Setelah usai rentetan kegiatan mugus, acara dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan Praktik Pengayaan Lapangan (PPL) yang dilaksanakan pada bulan Januari lalu, kemudian dilanjut dengan pembacaan nama-nama peserta yang mengulang PPL, lalu disambung dengan pengenalan lagu ost Ambalan Gembira dan ditutup dengan penertiban bangku-meja untuk persiapan masuk kelas keesokan harinya.

 

Popular Articles